Bisnis Film Meningkat, CGV Cinemas akan Hadir di 20 Lokasi Baru (Update Januari 2019)

Bisnis Film Tidak Terkait Langsung Dengan Bisnis Retail dan Pusat Perbelanjaan

Manael mengakui bahwa pusat perbelanjaan dan gaya hidup tidak selalu menjanjikan cuan karena tak sedikit pula bisnis ini berakhir gulung tikar. CJ CGV Cinemas mengakali dengan memiliki perusahaan pengelola mal yang rencana bisnisnya matang dan prospektif.

“Kami buka bioskop yang tidak hanya menayangkan film. Kami lebih sebagai penyedia platform hiburan, kami juga selenggarakan kegiatan lain seperti konser,” ucapnya. (Baca juga: Menuju 4.000 Layar, Pengusaha Khawatir Bioskop Independen Tergilas)

Peningkatan Bisnis Film Mendongkrak Profit Bisnis Makanan dan Minuman Ringan

Graha Layar Prima tidak hanya mengandalkan profit dari margin penjualan tiket. Ada pula bisnis makanan dan minuman ringan yang menawarkan margin menggiurkan hingga 60%. Selain pendapatan dari sinema serta food and beverage(F&B), ada pula jasa manajemen maupun acara dan iklan.

Sejauh ini, perseroan mengaku tak khawatir dengan perkembangan teknologi di industri film. Kehadiran layanan digital seperti video on demand diyakini tak menggangu target bisnis ke depan.

“Itu belum menggantikan bioskop sebetulnya. Menariknya, bioskop itu produkleisure. Dan permintaan leisure ini sedang naik. Menonton bioskop tidak hanya menikmati konten film tetapi ada proses berjalan-jalan ke mal,” ujar Manael.

(Baca juga: Film Indonesia Terus Tumbuh, Tak Ada Disrupsi untuk Bioskop)

Ketua Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin mengutarakan pendapat senada. “Tidak usah khawatir soal teknologi karena itu persentasenya kecil sekali. Orang yang tonton film di ponsel juga tetap ke bioskop,” ujarnya saat dihubungi secara terpisah.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menargetkan tercapai sejumlah 4.000 layar sinema pada tahun ini. Realisasi sepanjang tahun lalu sekitar 1.681 layar. Porsi unit layar terbanyak dimiliki Cineplex 21 mengoperasikan 1.003 layar, CJ CGV Cinemas 275 layar, dan Cinemaxx 203 layar. Ada pula sekitar 46 layar independen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *